| ||
Rangkaian
diatas merupakan rangkaian CDI standar bertipe DC (kiri) dan rangkaian CDI DC
Dualband (kanan),secara komposisi komponen-konponen yang ada sama namun untuk
CDI Dualband ada tambahan switch on/off untuk meningkatkan kurva pengapian.
Dari gambar diatas dapat kita buat skema kelistrikan pada kedua CDI tsb.
Inilah skema
kelistrikan pada CDI standar suzuki F150 (atas) dan dualband (bawah)
Dari skema diatas dapat dibedakan pada komponen CPU,
pada CDI standar hanya ada 1 chip namun pada CDI Dualband terdapat 2 chip yang
bekerja secara bergantian yang dapat diaktifkan oleh switch. Langkah kerja CDI
Dualband sama dengan CDI standar,pada CDI standar sensor input circuit akan
langsung memyuplai tegangan ke CPU namun pada CDI Dualband sensor input circuit
akan menyuplai tegangan ke CPU harus melalui switch yang akan mengarahkan
tegangan tersebut menuju chip 1 atau chip 2. Chip 1 biasa kita sebut dengan
kurva 1 yang dapat diaktifkan dengan tombol off, kemudian untuk chip 2 kita
sebut kurva 2 yang dapat diaktifkan dengan tombol on. Kegunaan chip tersebut untuk
menaikkan kurva pengapian jadi timingnya bisa maju sesuai pilihan (kurva
1/kurva 2)dan dualband itu sendiri mampu melayani gangsingan mesin tanpa ada
batasan. Tidak seperti pada CDI standar yang dibatasi putaran mesinnya karena
adanya dioda zener yang membatasinya, karena itulah kenapa disebut CDI Limiter...
|
Selasa, 16 Oktober 2012
SKEMA KELISTRIKAN ANTARA CDI STANDAR LIMITER BERTIPE DC DENGAN CDI DC DUALBAND PADA SUZUKI.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.