Selasa, 16 Oktober 2012

SKEMA KELISTRIKAN ANTARA CDI STANDAR LIMITER BERTIPE DC DENGAN CDI DC DUALBAND PADA SUZUKI.



Rangkaian diatas merupakan rangkaian CDI standar bertipe DC (kiri) dan rangkaian CDI DC Dualband (kanan),secara komposisi komponen-konponen yang ada sama namun untuk CDI Dualband ada tambahan switch on/off untuk meningkatkan kurva pengapian. Dari gambar diatas dapat kita buat skema kelistrikan pada kedua CDI tsb.
Inilah skema kelistrikan pada CDI standar suzuki F150 (atas) dan dualband (bawah)

Dari skema diatas dapat dibedakan pada komponen CPU, pada CDI standar hanya ada 1 chip namun pada CDI Dualband terdapat 2 chip yang bekerja secara bergantian yang dapat diaktifkan oleh switch. Langkah kerja CDI Dualband sama dengan CDI standar,pada CDI standar sensor input circuit akan langsung memyuplai tegangan ke CPU namun pada CDI Dualband sensor input circuit akan menyuplai tegangan ke CPU harus melalui switch yang akan mengarahkan tegangan tersebut menuju chip 1 atau chip 2. Chip 1 biasa kita sebut dengan kurva 1 yang dapat diaktifkan dengan tombol off, kemudian untuk chip 2 kita sebut kurva 2 yang dapat diaktifkan dengan tombol on. Kegunaan chip tersebut untuk menaikkan kurva pengapian jadi timingnya bisa maju sesuai pilihan (kurva 1/kurva 2)dan dualband itu sendiri mampu melayani gangsingan mesin tanpa ada batasan. Tidak seperti pada CDI standar yang dibatasi putaran mesinnya karena adanya dioda zener yang membatasinya, karena itulah kenapa disebut CDI Limiter...

Tidak ada komentar: